Thursday, April 4, 2013

Tujuh Pantai Dalam Satu Kawasan


           Assalamualaikum Wr. Wb.

           Selamat siang semuannya, bagaimana kabar sobat semuannya..?? saya harap sobat tetap dalam keadaan baik-baik saja. Pada postingan sebelumnya, saya telah mendeskripsikan tentang wisata pantai di Gunungkidul, Yogyakarta, yangmana mendeskripsikan tentang beberapa wisata yang ada di Gunungkidul dan letak geografis wilayah kabupaten Gunungkidul, Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit artikel tentang informasi tujuh pantai dalam satu kawasan.

           Kabupaten Gunungkidul, memiliki obyek wisata unggulan yaitu obyek wisata alam pantai sejumlah ± 46 Pantai, terbentang sejauh 70 Km diwilayah selatan kabupaten Gunungkidul Mulai dari Ujung Barat ke ujung timur, dan salah satunya adalah suatu kawasan yang terdiri dari 7 pantai dan letaknya saling berdekatan. Tujuh pantai tersebut terletak di kecamatan Tanjungsari dan Kecamatan Tepus sejauh 23 km - 31 Km dan jarak tempuh ± 30 menit dari kota Wonosari, selain masih alami masing – masing pantai memiliki karakteristik dan keunukan sendiri – sendiri sebagai berikut :

 

1. Pantai Baron
                Pantai Baron merupakan pintu gerbang masuk kawasan obyek wisata pantai. Pantai ini dikelilingi bukit-bukit kapur yang di atasnya terdapat jalan setapak dimana wisatawan dapat menikmati keindahan laut yang luas dank has. Di sebelah Barat, terdapat muara air sungai bawah tanah (air tawar) sehingga ada suatu tempat pertemuan antara air laut dan air tawar.
Pantai Baron

Pantai Baron



2. Pantai Kukup
                Pantai Kukup merupakan Pantai berpasir putih yang indah dan luas, terdapat aneka biota laut, terutama ikan hias yang dijual oleh beberapa pedagang di pinggir pantai maupun dipelihara di gedung akuarium laut dekat pantai. Di sini juga terdapat sebuah pulau karang kecil yang di atasnya terdapat gardu pandang untuk menikmati keindahan laut.
Pantai Kukup

Pantai Kukup

 
3. Pantai Sepanjang
                Pantai Sepanjang terletak ± 1 Km sebelah timur pantai Kukup, merupakan pantai yang masih alami dan pantai konservasi yang pada waktu tertentu biasa sebagai tempat pendarata penyu laut untuk bertelur.
Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang



4. Pantai Drini
                Pantai Drini merupakan pelabuhan nelayan tradisional dan tempat pelelangan ikan ( TPI ), juga terdapat sebuah pulau karang kecil. Pantai ini banyak tumbuh pohon Drini yang dipercaya orang sebagai penangkal ular berbisa. Fasilitas yang tersedia antara lain : Warung-warung makan yang mentediakan sajian makanan tradisional dan Sea Food.
Pantai Drini

Pantai Drini

5. Pantai Krakal
                Pantai Krakal merupakan Pantai yang luas dan terpanjang di antara 7 Pantai lainnya (dalam 1 kawasan), dan terletak 2 km sebelah timur pantai Drini. Pasir putih yang membentang berkilauan di sepanjang pantai, sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati udara laut sambil jogging, ataupun mandi/berenang di pantai,sambil menikmati keindahan dan mencari aneka biota laut, dengan membawa jaring kecil yang banyak dijual disana.
Pantai Krakal

Pantai Krakal

 
6.Pantai Slili dan Ngandong
              Pantai Slili ( biasa disebut juga watu lawang ) dan Ngandong merupkan 2 pantai yang sangat  berdekatan bahkan bisa dikatakan 2 pantai yang menyatu,dan tak jauh dari situ ± 500m ke  arah timur kita jumpa pantai sundak.
Pantai Slili

Pantai Ngandong

7.Pantai Sundak
               Selain tempatnya  yang sejuk ,pantai sundak juga cocok untuk tempat berkemah. Fasilitas yang ada: Sebuah bangunan pendopo kecil sebagai tempat pertemuan yang terbuka ,ada sebuah panggung  terbuka juga banyak terdapat warung-warung makan.Tak jauh dari pantai terdapat  goa kecil yang didalamnya terdapat  sumber air tawar dan biasa dipakai oleh penduduk setempat untuk mencukupi kebutuhan air minum.
Pantai Sundak

Pantai Sundak



Baiklah sobat, mungkin cukup ini dulu postingan dari saya, semoga artikel yang saya tulis ini dapat bermanfaat untuk sobat dan juga dapat menambah pengetahuan tentang wisata yang ada di Gunungkidul, saya berharap setelah sobat membaca artikel ini, sobat berminat untuk melihat secara langsung wisata yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.


 







0 komentar:

Post a Comment

 
Blogger by Iruls Mobile Blog/ | Template by Fajri Alhadi