Friday, April 5, 2013

Desa Wisata Nglanggeran

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat siang semuannya, bagaimana kabar sobat..?? saya harap sobat tetap dalam keadaan baik-baik saja, ok, sebelum saya menjalankan ibadah sholat jum'at, saya akan memberikan sedikit artikel tentang desa wisata nglanggeran. Pada postingan sebelumnya saya mengulas tentang tujuh pantai dalam satu kawasan yang menjelaskan tentang tujuh pantai di kabupaten Gunungkidul yang letaknya saling berdekatan. ok, langsung saja disimak dengan jeli.







            Desa wisata yang ada di Kabupaten Gunungkidul ada kurang lebih 12 desa wisata, namun beberapa desa wisata cukup ramai dikunjungi wisatawan karena memiliki daya tarik tersendiri, anatar lain: Desa Wisata  Nglanggeran, Desa Wisata Bobung, Desa Wisata Bejiharjo, Desa Wiasata Bleberan, Desa Wisat Mojo; Desa Wisata Umbulrejo.
            Di desa Wisata Nglanggeran terdapat Gunung Nglanggeran sebagai obyek ekowista dengan model pengembangan pemberdayaan masyarakat, dan telah banyak dikunjungi wisatawan. Kawasan ini konon merupakan kawasan yang litologinya disusun oleh material vulkanik tua dan bentang alamnya memiliki keindahan yang secara geologi sangat unik dan bernilai ilmiah tinggi. Berdasarkan sejumlah hasil penelitian dan referensi, Gunung Nglanggeran adalah Gunung berapi purba, yang keberadaanya jauh sebelum terbentuknya gunung Merapi di Kabupaten Sleman.
            Gunung api purba Nglanggeran secara administrasi terletak di Desa Nglanggeran, kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, mudah dicapai dari kota Yogyakarta dengan jarak ± 20 km atau dengan waktu tempuh ± 30 menit. Atraksi yang ada adalah wisata jenis minat khusus yaitu kegiatan Tracking, Camping , Outbond dan jelajah wisata pedesaan dan pegunungan.
            Dari sisi fisiknya bentuk morfologi gunung api purba Nglanggeran sangat unik karena bentuknya yang relatif terjal dan spectakuler serta dibagian atasnya ditemukan kawah purba. Disan juga ditemukan berbagai macam tanaman langka yang antara lain dapat berkhasiat untuk pengobatan tradisioanal, selain itu banyak juga dijumpai kera ekor panjang.
            Potensi social budaya masyarakat disekitar gununng api purba cukup beragam, mulai dari peninggalan pra sejarah maupun tradisi dan adat istiadat masyarakat lokal.

          baiklah sobat, mungkin cukup ini dulu artikel tentang Desa Wisata Nglanggeran, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk sobat, dan juga sobat ingin mencoba berwisata ke desa wisata nglanggeran, agar sobat dapat melihatnya secara langsung, hehehe,,  Terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

0 komentar:

Post a Comment

 
Blogger by Iruls Mobile Blog/ | Template by Fajri Alhadi