Friday, February 22, 2013

Wisata Pantai di Gunungkidul, Yogyakarta

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi semuannya, apa kabar anda semuannya,,,? saya berharap anda tetap dalam keadaan baik-baik saja, sehat dan siap menjalankan aktivitas. Ok pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan beberapa informasi tentang wisata pantai yang ada di wilayah kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Kabupaten Gunungkidul yang terletak di ujung tenggara kota Yogyakarta sejauh 39 km, memiliki luas wilayah 1.485,36 km persegi atau 46,63% dari luas wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan terdiri dari 18 kecamatan dan 144 desa. Berdasarkan topografis dan keadaan tanahnya terbagi menjadi 3 wilayah :

  1. Wilayah Pengembangan Utara (Zona Batur Agung). Luas wilayah kurang lebih 42,283 Ha dan ketinggian 200 - 700 meter diatas permukaan air laut. Wilayah ini sangat berpotensi sebagai objek ekowisata hutan dan alam pegunungan.
  2. Wilayah Pengembangan Tengah (Zona Ledoksari).Luas Wilayah kurang lebih 27.908 Ha dan ketinggian 150 - 200 meter di atas permukaan air laut. Wilayah ini sangat berpotensi untuk agrowisata pertanian.
  3. Wilayah Pengembangan Selatan ( Zona Pegunungan Seribu). Luas Wilayah kurang lebih 78.344 Ha dan ketinggian 100 - 300 meter di atas permukaan air laut. Pada wilayah ini sangat berpotensi untuk wisata pantai, goa, pegunungan karst dan budaya sejarah.

Kabupaten Gunungkidul, memiliki obyek wisata unggulan, yaitu obyek wisata alam pantai sejumlah kurang lebih 46 pantai, terbentang sejauh 70 km di wilayah selatan kabupaten Gunungkidul mulai dari ujung barat ke ujung timur, dan salah satunya adalah suatu kawasan yang terdiri dari tujuh pantai yang mana letaknya saling berdekatan. Ketujuh pantai tersebut terletak di kecamatan Tanjungsari dan kecamatan Tepus sejauh 23 km - 31 km dan jarak tempuh kurang lebih 30 menit dari Ibu Kota Kabupaten Gunungkidul yaitu Wonosari, Ketujuh pantai tersebut antara lain Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Pantai Krakal, Pantai Slili dan Ngandong, dan Pantai Sundak. Selain masih alami, masing - masing pantai memiliki karakteristik dan keunikan sendiri - sendiri.

Berikut ini saya ada beberapa pantai yang ada di Gunungkidul:




Demikian postingan dari saya pada kesempatan kali ini, semoga apa yang saya postingkan kali ini dapat bermanfaat buat anda semuannya. Dan semoga anda semuannya tertarik dan berminat berkunjung ke Wisata Kabupaten Gunungkidul. Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Baca Juga :











0 komentar:

Post a Comment

 
Blogger by Iruls Mobile Blog/ | Template by Fajri Alhadi