Friday, November 23, 2012

TUTORIAL WEB DESIGN PART 2


TUTORIAL WEB DESIGN PART 2


Assalamualaikum Wr. Wb.
           
Hallo sobat semuanya, selamat pagi. Berjumpa lagi dengan saya, Nah pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan beberapa tutorial tentang Web Design. Nah, langsung saja ibaca buat sobat yang masih newbie silahkan di baca baik-baik ya,..


1. PENGERTIAN INTERACTIVITY PADA WEB
interactivity: Dalam hal ini situs tersebut menyediakan berbagai link untuk membuat kesanpengunjung berinteraksi dengan situs tersebut, namun pada situs ini tidak terdapatmekanisme feed back.

2. WHITE SPACE ATAU RUANG KOSONG DALAM WEB
White space adalah ruang kosong di antara dan di sekitar unsur-unsur desain layout atau halaman. Hal ini dapat meliputi: ruang di sekitar grafik dan gambar, margin dan selokan, ruang antara kolom, dan bahkan ruang antara jenis baris. White space disebut juga sebagai negative space. Negative space juga tidak menyiratkan arti bahwa hanya warna putih yang dapat digunakan dalam pembuatan website yang dibuat oleh jasa design web Anda, tetapi juga warna – warna lainnya juga dapat diaplikasikan.

3. MANFAAT RUANG KOSONG DALAM WEB
Ruang kosong memiliki suatu manfaat bagi pembaca yaitu memberikan ruang istirahat bagi mata agar tidak jenuh melihat begitu banyak tulisan yang begitu banyaknya, penghubung antar elemen, membuat bentuk positif dan negatif, memberi nuansa 3D, mempertegas elemen dan sebagai pemahaman layout.     

4. PENGERTIAN KESEIMBANGAN SIMETRIS DALAM WEB
 Keseimbangan Simetris (Formal)adalah  Keseimbangan yang meiliki elemen – elemen dengan bobot yang sama pada dua sisi dari garis vertikal imajiner pada halaman, hal ini memberikan kesan kestabilan dan ketetapan. Keseimbangan simetris menghasilkan design yang formal. Cocok diterapkan pada aplikasi perkantoran, iklan yang menekankan pada mutu dan kualitas. Karena keseimbangan ini memberikan efek psikologis pada kepercayaan, kemudahan dalam membaca dan pengoperasiannya.

5. KEUNTUNGAN E-COMMERCE PADA WEB
A. Keuntungan e-commerce dilihat dari sisi bisnis :
  • Perusahaan-perusahaan dapat menjangkau pelanggan-pelanggan yang ada di seluruh dunia dengan melakukan kegiatan bisnis secara online. Jadi dapat dilihat bahwa semakin luas bisnis yang mereka lakukan, maka sama saja dengan meningkatkan keuntungan yang didapatkan. Pelaku bisnis dapat mengumpulkan informasi mengenai para pelanggannya melalui penggunaan cookies. Cookies adalah file kecil yang terdapat di dalam hard disk pemakai. Saat pemakai/calon pelanggan tersebut memasuki sebuah website, maka cookies membantu operator website tadi untuk mengumpulkan informasi mengenai kebiasaan  membeli yang dilakukan oleh sekelompok orang. Informasi yang terlihat biasa saja ini, sangat tidak terhingga harganya bagi bisnis karena dengan informasi yang didapatkan tadi, maka pelaku bisnis dapat membuat target periklanannya menjadi lebih baik dengan informasi yang lebih menarik.
  • Keuntungan lainnya adalah pengurangan sejumlah biaya tambahan yang ditawarkan oleh e-commerce. Pada perusahaan yang melakukan bisnis secara online di internet akan mengalami pengurangan biaya tambahannya karena biaya tersebut tidak digunakan lagi untuk gedung dan pelayanan pelanggan (customer service). Hal ini juga membantu perusahaan dalam meningkatkan keuntungannya. Salah satu contoh jenis bisnis yang mengambil keuntungan dari e-commerce adalah perbankan.
  • Electronic commerce memfasilitasi layanan publik, seperti perawatan kesehatan, pendidikan, dan pemerataan layanan sosial yang dilaksanakan pemerintah dengan biaya yang lebih rendah, dan / atau dengan kualitas yang lebih baik. Layanan perawatan kesehatan, misalnya, bisa menajangkau pasien di daerah pedesaan.
Jadi kesimpulannya jika dibandingkan dengan jenis bisnis secara tradisional, maka berbisnis di internet secara online jauh lebih menguntungkan.

B.Keuntungan e-commerce bagi konsumen :
Jika dilihat dari sisi konsumen, sama saja halnya dengan bisnis yang menginginkan keuntungan yang besar dari e-commerce. Konsumen pun juga begitu yang juga berkeinginan mengambil keuntungan yang besar dari seluruh kemungkinan yang ada yang ditawarkan oleh e-commerce.
Beberapa keuntungan yang didapat konsumen dari bisnis di internet secara online ini adalah:
  • Seorang pembeli di internet bisa menggunakan komputer pribadinya pagi atau malam selama 24 jam sehari tanpa batasan apapun untuk membeli hampir semua barang yang ditawarkan. Ia tidak perlu cape-cape berjalan ketoko, mengantri di toko atau bahkan meninggalkan rumahnya. Ia hanya cukup mengklik produk yang ingin dibelinya, lalu memasukkan informasi yang dibutuhkan untuk proses pembelian itu seperti memasukkan nomor kartu kreditnya dan alamat rumah untuk pengiriman barang pesanan, kemudian menunggu produk itu sampai ditujuan melalui pos.
Beberapa perusahaan e-commerce telah membuat proses ini menjadi lebih mudah karena beberapa toko online menyimpan informasi kartu kredit pembelinya di server mereka, sehingga informasi yang dibutuhkan hanya dimasukkan sekali saja dan tidak perlu berulang-ulang kali. Beberapa bisnis online bahkan tidak mengirimkan produk-produknya ke pelanggan melalui pos, khususnya bagi yang menjual software komputer. Contohnya adalah beyon.com yang mengizinkan para pelanggannya untuk men-download software yang dibelinya langsung ke komputer mereka. Sangat gampang dan mudah bukan untuk membeli suatu barang dizaman sekarang ini.
  • e-commerce meemberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan karena mereka bisa memilih berbagai produk dari banyak vendor dengan seabrek produk yang disediakan.
  • e-commerce menyediakan produk-produk dan jasa yang tidak mahal kepada pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
  • Melalui e-commerce adalah konsumen bisa mendapatkan pengurangan biaya.  Perusahaan yang menjual saham secara online, seperti  e- trade.com membebankan biaya hanya sekitar $10 per perdagangan, yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan membeli saham tersebut melalui perantara saham tradisional.
  • Keuntungan lainnya yang bisa didapatkan konsumen melalui e-commerce adalah e-commerce memberi tempat bagi para pelanggan untuk berinteraksi dengan pelanggan lain di electronic community dan bertukar pikiran serta berbagai pengalaman.

Jadi jika disimpulkan secara ringkas keuntungan dari e-commerce tersebut adalah sebagai berikut :
·         Bagi Konsumen:harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat saja dan kemudahan proses pembelian barang.
·         Bagi Pengelola bisnis:efisiensi, tanpa kesalahan, tepat waktu dan tidak reppot.
·         Bagi Manajemen:peningkatan pendapatan, loyalitas dan kepercayaan pelanggan.


6. PENGERTIAN LOOK AND FEEL
            Look and Feel adalah penampilan seperti pada aplikasi lain yang biasa digunakan oleh user. 


7.  KEUNTUNGAN PERUSAHAAN MEMILIKI SITUS WEB
1. Sarana Penjualan Produk
Jika Anda punya produk barang atau jasa yang ingin dipasarkan di internet, maka Anda harus punya website. Website itu fungsinya adalah sebagai alat untuk memperkenalkan produk Anda kepada dunia internet. Dengan banyaknya pemakai internet, Anda punya peluang untuk mendapatkan calon pembeli dengan jumlah yang cukup banyak juga.
2. Mempermudah Komunikasi
Lewat website, Anda bisa berkomunikasi dengan mudah. Entah itu dengan klien Anda, dengan teman-teman Anda, dengan calon konsumen dan sebagainya. Website modern itu dilengkapi dengan berbagai fitur komunikasi yang memungkinkan kita berbicara dengan pengelola website.
Adanya kotak komentar di website, adanya form contact adalah sebagian kecil dari cara komunikasi lewat website.
3. Memperkenalkan Profil Perusahaan Anda
Semakin dikenall profil maka akan makin terkenal profil tersebut. Sebuah perusahaan atau organisasi tentu mau jika profilnya dikenal luas. Untuk itu memilih website sebagai media publikasi profil perusahaan adalah salah satu cara yang inovatif.
4. Mendatangkan Calon Konsumen
Sebuah website juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk mendatangkan calon konsumen.  Banyak perusahaan yang bisa menggaet klien dari luar daerah atau bahkan luar negeri lewat website yang mereka miliki. Seperti yang kita ketahui, jumlah pengunjung website tidak hanya dari Indonesia, tetapi dari luar negeri. Bahkan blog ini saja sering mendapatkan kunjungan dari luar negeri, terbukti dari banyaknya komentar asing yang masuk ke blog ini.
5. Menjadi Sarana Publikasi Resmi Perusahaan Anda
Lewat website, perusahaan Anda bisa menjadikannya sebagai sarana publikasi resmi. Misalnya perusahaan Anda mengadakan undian berhadiah, maka informasi seputar kegiatan tersebut bisa ditampilkan lewat website yang dimiliki. Bahkan, hampir semua perusahaan dituntut untuk memiliki website.
6. Branding
Membangun branding juga sangat penting bagi perusahaan. Nah peran membangun branding juga bisa dilakukan lewat website. Banyak website yang didesain secara khusus dan memiliki ciri khas tersendiri dari suatu perusahaan. Untuk itu branding lewat website juga perlu lho  .
7. Kemudahan Memberi Informasi
Dengan memiliki sebuah website, perusahaan akan mudah untuk mengupdate informasi terbaru. Seperti jadwal kegiatan, berita terbaru, dan lain sebagainya. Dengan adanya website, konsumen maupun calon konsumen tetap bisa mengetahui perkembangan terbaru dari perusahaan Anda meski jaraknya sangat jauh.
Selain itu, umumnya konsumen akan lebih suka berinteraksi dengan customer service perusahaan lewat sebuah website karena kepraktisannya.
8. Kemudahan Melakukan Polling
Polling juga merupakan sarana untuk mengetahui keadaan dan keinginan konsumen atau calon konsumen saat ini. Lewat website, kita bisa membuat polling dengan mudah dan praktis namun bisa dimaksimalkan. Di internet ada banyak penyedia layanan pembuatan form isian polling yang bisa Anda tampilkan di website Anda. Dengan kemudahan ini, tentu polling juga bisa dilakukan lewat website Anda.
9. Menimbulkan Kesan Profesional
Sebuah perusahaan yang memiliki website, sudah pasti akan mendapatkan perhatian lebih dari perusahaan yang belum memiliki website. Konsumen maupun calon konsumen pasti akan melihat lebih dulu kepada perusahaan yang sudah memiliki website. Itulah sebabnya perusahaan harus punya website.
10. Mencari Partner Baru
Banyak perusahaan yang terkadang membutuhkkan partner untuk saling bekerja sama. Nah dengan mempublikasikan perusahaan Anda lewat website yang dioptimalkan, akan semakin banyak orang yang tahu mengenai keberadaan dan eksistensi perusahaan Anda. Dari sana mungkin saja perusahaan Anda bisa menemukan partner bisnis yang cocok dan menguntungkan.

  Mungkin ini dulu postingan saya kali ini, semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

0 komentar:

Post a Comment

 
Blogger by Iruls Mobile Blog/ | Template by Fajri Alhadi